• About
    • SECOM Indonesia
    • SECOM Worldwide
    • Our Leadership Team
    • Sustainability Management
  • Services
    Security Guard & Training SupplyInternal Audit & Assessment
    Online Alarm Monitoring & ResponseSecurity System Rental Package
    Facilities MonitoringMaintenance Service
    Security Consulting
  • Products & Systems
    Alarm MonitoringAccess Control
    X-RayFacial Recognition
    AED (Automated External Defibrillator)Fingerprint
    CCTVElevator Control
    Pedestrian Gate & BarrierVisitor Management System
    Rising Step Road Blocker & BollardsDigital Guard Patrol
    Key Management SystemUVSS (Under Vehicle Surveillance System)
    PX Integration SystemPerimeter Border Security
    Walkthrough & Handheld Metal Detector
  • News & Blogs
  • Contact Us
  • English EN Indonesia ID
    • English EN
    • Indonesia ID
  • About
    • SECOM Indonesia
    • SECOM Worldwide
    • Our Leadership Team
    • Sustainability Management
  • Services
    • Overview
    • Security Guard Supply and Training
    • Internal Audit & Assessment
    • Online Alarm Monitoring & Response
    • Security System Rental Package
    • Facilities Monitoring
    • Maintenance Service
    • Security Consulting
  • Products & Systems
    • Overview
    • Alarm Monitoring
    • X-Ray
    • AED (Automated External Defibrillator)
    • CCTV
    • Access Control
    • Facial Recognition
    • Fingerprint
    • Elevator Control
    • Pedestrian Gate & Barrier
    • Rising Step Road Blocker & Bollards
    • Key Management System
    • PX Integration System
    • Visitor Management System
    • Digital Guard Patrol
    • UVSS (Under Vehicle Surveillance System)
    • Perimeter Border Security
    • Walkthrough & Handheld Metal Detector
  • News & Blogs
  • Contact Us
Start typing and press Enter to search
guna sistem manajemen pengunjung
guna sistem manajemen pengunjung
  • Blogs
  • Jun 24, 2022

Apakah Guna Sistem Manajemen Pengunjung untuk Bisnis Anda?

Selama bertahun-tahun lamanya, sistem manajemen pengunjung memang banyak ditemukan dan diimplementasikan oleh bisnis-bisnis berskala besar, seperti gedung perkantoran yang menampung banyak perusahaan. Hanya saja, teknologi ini sebetulnya bisa juga digunakan pada gedung kantor perusahaan tunggal dan memberikan banyak manfaat praktis. Memangnya, apa sajakah guna sistem manajemen pengunjung untuk bisnis Anda?

Guna Sistem Manajemen Pengunjung:

Menyederhanakan prosedur notasi tamu

sistem manajemen pengunjung

Memasuki era digitalisasi, sistematika kerja konvensional – seperti buku catatan penerima tamu – terasa tidak lagi relevan. Pasalnya, prosedur tersebut lebih memakan waktu, memakan biaya, serta merepotkan penjaga meja tamu juga karyawan dan pengunjung.

Ketika perusahaan memanfaatkan sistem manajemen pengunjung, artinya bisnis Anda sudah berhasil menghapus masalah-masalah itu sekaligus membantu sederhanakan prosedur pencatatan pengunjung. Lebih dari itu, digitalisasi pada notasi tamu juga bisa memberikan tingkat privasi yang lebih tinggi lantaran hanya penjaga tamulah yang dapat melihat dan mengakses data para tamu.

Menjamin keamanan semua orang dalam gedung

keamanan gedung

Menyambung poin sebelumnya, sistem manajemen pengunjung juga dapat menjamin keamanan setiap orang yang berada di dalam gedung kantor. Sebab, perangkat teknologi ini mampu mengidentifikasi setiap pengunjung yang datang serta memberi batasan izin area yang bisa diakses oleh setiap tamu. Andaikan terjadi hal yang tidak diinginkan, petugas meja tamu bisa mengenali pelaku secara cepat dengan bantuan sistem tersebut.

Selain itu, guna sistem manajemen pengunjung ini juga dapat berupa daftar lengkap seluruh pekerja, pengunjung, sampai mitra perusahaan yang sedang berada dalam gedung ketika situasi bahaya terjadi, alih-alih data satu per satu dari buku catatan pengunjung.

Menambah kenyamanan pekerja

absensi karyawan

Bagaimana mungkin sistem manajemen pengunjung dapat menambah kenyamanan pekerja? Kuncinya terletak pada pengkinian atau update sistem tersebut. Sistem manajemen pengunjung kami, misalnya, telah terintegrasi dengan VMS sehingga memungkinkan adanya fitur seperti:

  • pemindaian foto ID dan kartu nama pengunjung,
  • pra-registrasi kontrol akses secara online,
  • pengiriman data pengunjung melalui e-mail karyawan,
  • pengisian data pribadi secara mandiri melalui tablet layar sentuh, sampai
  • pencatatan waktu kunjungan dengan suhu tubuh.

Fitur-fitur di atas tentunya dapat menambah kenyamanan para pekerja Anda, sebab mereka tidak lagi perlu berkerumun atau berada dalam antrean yang panjang tatkala harus masuk ke dalam gedung bersama pengunjung-pengunjung lain.

Meningkatkan citra perusahaan

kenyamanan karyawan

Guna sistem manajemen pengunjung lainnya adalah kesan pertama yang positif kepada pengunjung dengan wawasan teknologi tinggi. Kehadiran serangkaian alat ini di lobi gedung kantor bisnis Anda dapat membuat pengunjung gedung – terutama mereka calon-calon kandidat perusahaan Anda – merasa terkesan dan mampu melihat level profesionalitas perusahaan Anda.  Pada akhirnya, citra perusahaan Anda di mata mereka akan meningkat.

Fitur-Fitur Penting yang Harus Ada pada Sistem Manajemen Pengunjung

fitur manajemen pengunjung

Setelah mengetahui sejumlah kegunaan sistem manajemen pengunjung di atas, apakah Anda tertarik untuk segera mengimplementasikannya pada gedung kantor Anda? Jika iya, Anda perlu mempertimbangkan kehadiran beberapa fitur krusial dalam sistem tersebut. Beberapa di antaranya adalah fitur check-in yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, notifikasi melalui berbagai kanal atau saluran, komunikasi dua arah, penerusan pesan, dokumen legal, sampai pencetak badge.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat dari sistem manajemen pengunjung untuk bisnis Anda. Silakan hubungi kami untuk dapatkan informasi lengkap mengenai seperangkat teknologi ini.

Share :
Latest News
  • Mesin Xray SECOM
    Blogs
    Oct 6, 2022
    Keamanan Tingkat Tinggi Dengan Mesin X-Ray
    Read More
  • alarm sensor
    Blogs
    Apr 14, 2025
    Mengapa Integrated Security Services Penting?
    Read More
  • News
    Dec 13, 2021
    A new joint venture between SECOM and Aktif Bank
    Read More
  • pengamanan pilkada
    News
    Nov 4, 2024
    Jelang Kampanye Pilkada DKI 2024, Polda Metro Jaya Siapkan Pengamanan Ekstra
    Read More
  • Blogs
    Dec 13, 2021
    The importance of CCTV in the post-covid workplace
    Read More
  • security risk
    Blogs
    Oct 7, 2024
    Solusi SECOM: Cara Efektif Perusahaan Mengurangi Risiko Keamanan
    Read More
  • industri pertambangan
    Blogs
    Jun 24, 2025
    4 Kunci Aman Industri Pertambangan, Minyak dan Gas
    Read More
  • Blogs
    Dec 14, 2021
    Pentingnya CCTV di masa pandemi
    Read More
  • iso 27001
    Blogs
    Feb 26, 2024
    Mengenal ISO 27001 Bagi Keamanan Informasi Perusahaan
    Read More

The most important investment is safety and comfort

Secure Now
SECOM INDONESIA

Your Safety Our Priority

24H Free Dial

0800 - 11 - 73266

Jakarta

021 - 572 3001

Karawang

021 - 295 69366
Quick Link
  • FAQ
  • Contact Us
  • Career
  • Sitemap
  • Sustainability Management
Stay Connected
  • SECOM Indonesia
  • @secomindonesia
  • SECOM Indonesia
  • @secom.indonesia
SECOM Global Network
  • Japan
  • Korea
  • China
  • Taiwan
  • Thailand
  • Vietnam
  • Malaysia
  • Singapore
  • Indonesia
  • Australia
  • New Zealand
  • United Kingdom
  • Turkey

© 2025 PT. SECOM Indonesia

Free Consultation